Aminullah: Alhamdulillah Banda Aceh Raih Anugerah Meritokrasi, Satu-Satunya di Aceh

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Zainal Arifin kembali menorehkan prestasi bergengsi di level nasional. Kali ini, Anugerah Meritokrasi 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menambah daftar panjang penghargaan Banda Aceh.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KASN Prof Agus Pramusinto dan Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto kepada Kepala BKPSDM Banda Aceh, Arie Maula Kafka yang mewakili Wali Kota Banda Aceh pada acara penganugerahan di The Westin Grand Ballroom, Surabaya, Rabu 7 Desember 2021.

Sebagai informasi, Pemko Banda Aceh dalam penilaian pengelolaan manajemen ASN meraih nilai 267, dengan kategori “BAIK”. Dan yang lebih membanggakan, Banda Aceh merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Aceh yang mampu meraih penghargaan tersebut, di samping Pemerintah Aceh untuk tingkat provinsi.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pun mengucap syukur atas apresiasi dari pemerintah pusat itu. “Ini wujud apresiasi pusat terhadap komitmen, kebijakan, dan program manajemen ASN yang kita laksanakan selama ini di lingkup Pemerintah Kota Banda Aceh. Prinsip kita adalah kompetensi dan integritas di atas segalanya,” ujarnya di pendopo usai menerima sertifikat dan plakat penghargaan di pendopo, Kamis 9 Desember 2021.

Menurut wali kota, penilaian dari KASN dimaksud membuktikan reformasi birokrasi yang dilakukan di Pemerintah Banda Aceh berjalan sangat baik, meskipun saat menghadapi situasi sulit pandemi Covid-19. “Alhamdulillah kita mampu terus berinovasi dalam menciptakan situasi kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh pegawai, serta dapat melayani masyarakat dengan baik.”

Pencapaian ini, kata Aminullah, tidak lantas membuat pihaknya jemawa. Ia memastikan, Anugerah Meritokrasi akan semakin memacu pihaknya untuk bekerja lebih baik lagi demi mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi. “Insyaallah, kita bersama seluruh jajaran dan masyarakat akan bekerja lebih giat lagi untuk menggapai visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah,’’ katanya.

Di tempat yang sama, Arie Maula Kafka mengatakan, Anugrah Meritokrasi merupakan penghargaan penerapan sistem merit bagi instansi pemerintah baik di pusat hingga ke daerah. “Sistem merit sendiri didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.’

“Pemko Banda Aceh, sebagaimana arahan dari Bapak Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman senantiasa komit dan mendukung penuh optimalisasi dan akselerasi penerapan sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN di lingkungan intansi Pemerintah Kota Banda Aceh, sehingga kita dianggap pantas untuk menerima Anugerah Meritokrasi 2021 dari KASN,” ujar Arie.