Aminullah Anugerahi Penghargaan Kepada Pemerhati Pariwisata di Banda Aceh

Laporan ,

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyampaikan apresiasi dan terima kasih, serta menganugerahi penghargaan kepada para pemerhati wisata, dan beserta seluruh jajaran yang turut melakukan program dalam mengembangkan sektor pariwisata.

“Saya bersama Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak dan ibu sekalian yang telah memenuhi undangan kami untuk hadir pada acara ini. Karena bagaimanapun keberhasilan-keberhasilan Banda Aceh sebagai juara satu kategori brand pariwisata terbaik Charming Banda Aceh pada API Award 2021 yang lalu karena dukungan bapak ibu sekalian.”

Hal itu dikatakan Aminullah pada acara Penyerahan Penghargaan Kepada Pemerhati Pesona Wisata Indonesia Banda Aceh yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh di Pendopo Wali Kota, Blang Padang, Senin (24/01/2022) malam.

Penghargaan diberikan Aminullah kepada Bank Indonesia (BI) wilayah Aceh, Bank Aceh Syariah (BAS), Bank Syariah Indonesia (BSI), Kyriad Muraya Hotel, Ayani Hotel, Askrida syariah, Tim sepak bola Persiraja Banda Aceh, Bavetti Aceh, Harian Serambi Indonesia, Jroh Creative, Joel Pasee, CV Aceh Kreatif Media/BTJ Pro Films, Vellarocka Band dan Ikatan Agam Inong Kota Banda Aceh.

Turut hadir Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan, T Jalaluddin dan sejumlah kepala SKPK lainnya. Hadir juga Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani, para perwakilan perbankan syariah, dan para pemerhati pariwisata lainya.

Aminullah mengungkapkan, meskipun di tengah badai pandemi Covid-19, pada tahun 2021 tercatat sebanyak 251.836 jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke Banda Aceh. Banda Aceh juga mampu meraih sejumlah penghargaan pada rentang 2021, yaitu terpilihnya Gampong Punge Blang Cut masuk 100 Besar Desa Wisata Indonesia 2021, terpilihnya Agam Duta Wisata Banda Aceh sebagai Duta Wisata Indonesia 2021 dan Banda Aceh meraih Penghargaan Kota Kreatif (KaTa) Indonesia 2021 Sektor Unggulan Kuliner.

Lanjut Aminullah, dilaksanakannya acara malam ini sebagai perwujudan atas penghargaan bagi para pemerhati pariwisata Kota Banda Aceh yang telah bersama-sama dengan pemerintah menjadi salah satu unsur pengembangan sektor wisata di Kota Banda Aceh.

Aminullah juga mengatakan, penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi para pelaku dan pemerhati bidang pariwisata untuk terus berkolaborasi demi mencapai prestasi yang membanggakan baik di tingkat nasional bahkan internasional. ’’Ini bagian ikhtiar kita menjaga sektor pariwisata di Kota Banda Aceh,” katanya.

Aminullah pun mengharapkan kontribusi dan dukungan dari pemerhati pariwisata yang telah terbentuk untuk terus dilanjutkan, mengingat pada tahun ini Banda Aceh menjadi tuan rumah Api Award tahun 2022.

“Dalam kesempatan ini kami mengajak semua pihak untuk terus melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk,” ucapnya.

Kedepannya, Aminullah optimis untuk mempromosikan wisata Kapal PLTD Apung sebagai pesona wisata terpopuler di Indonesia.