Aminullah: Pasar Al-Mahirah Terus Dibenahi

Laporan ,

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan akan terus fokus untuk membenahi dan menyempurnakan sarana dan prasarana di Pasar Al-Mahirah Lamdingin.

“Kita juga akan menata lingkungan pasar agar menjadi lebih tertib dan indah,” ujar Aminullah disela agenda kegiatannya di pendopo, Sabtu (29 Mei 2021).

Aminullah juga mengatakan pembenahan ini tujuannya agar Pasar Al-Mahirah menjadi pasar yang lebih bagus, bersih, nyaman dan menarik untuk ditempati pedagang serta dikunjungi para pembeli.

“Ini bertujuan untuk kemaslahatan pedagang dan sebagai tempat yang menyenangkan bagi konsumen yang berbelanja, dengan begitu, hasil usaha akan meningkat dan otomatis perekonomian kota juga meningkat,” jelasnya.

Wali Kota Aminullah juga mengatakan saat ini kita memprioritaskan pembenahan badan jalan terutama pada jalur pintu masuk keluar kompleks Pasar Al-Mahirah.

“Kita sudah memerintahkan Dinas teknis terkait untuk secepatnya menangani pengaspalan badan jalan tersebut, ini bertujuan untuk memberi kenyamanan pedagang dan warga yang berbelanja,” sebutnya.

Ia juga menambahkan saat ini Pasar Al-Mahirah juga akan menambah lapak-lapak tambahan untuk pedagang kaki lima ( PKL) yang sebelumnya berjualan di kawasan Pasar Peunayong.

“Kita akan terus membenahi kapasitas pasar dengan menambah lapak dan los yang diperuntukkan untuk PKL, karena saat ini ada sekitar 900 pedagang yang sudah menempati Pasar Al-Mahirah,” katanya.

Aminullah juga menjelaskan untuk mendukung ketersediaan air bersih di Pasar Al-Mahirah, PDAM Tirta Daroy juga sudah membangun reservoir atau bak penampungan berkapasitas 1.000 meter kubik.

“Dengan adanya bak penampungan air ini, Insya Allah distribusi air bersih ke kompleks pasar sudah optimal untuk kebutuhan para pedagang dan pengunjung,” ungkapnya.

Kata Aminullah, untuk kenyamanan dan keamanan kenderaan para pengunjung yang berbelanja serta kebersihan lokasi pasar, saat ini Pasar Al-Mahirah juga sudah membenahi terkait perpakiran dan kebersihan.

“Untuk kenyamanan pengunjung, kita akan menambah lokasi parkir serta menempatkan petugas-petugas parkir dan petugas kebersihan dari DLHK3 yang siaga hingga sore hari,” jelasnya.

Wali Kota Aminullah juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses relokasi pedagang ke Pasar Al- Mahirah dan mohon dukungan berbagai pihak supaya penataan dan pengelolaan Pasar Al-Mahirah menjadi lebih baik. ” Terima kasih kepada Forkopimda, jajaran Pemerintah Kota, tokoh masyarakat, pedagang dan masyarakat yang terus mendukung relokasi dan mohon dukungan agar Pasar Al- Mahirah menjadi lebih baik,” ungkapnya.