Mendagri Apresiasi Banda Aceh Atas Capaian Vaksinasi 92 Persen

Laporan ,

Banda Aceh – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasikan Kota Banda Aceh atas capaian vaksinasi di atas target Nasional sebesar 70 persen, yakni 92 persen.

Hal itu disampaikan Mendagri saat Rapat Koordinasi (Rakor) Strategi Percepatan Vaksinasi Covid-19 bersama jajaran Pemerintah Provinsi Aceh, di Gedung Serba Guna Sekretariat Daerah Aceh, Selasa (14/12/2021).

Dalam kegiatan itu hadir Gubernur Aceh dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta seluruh Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Aceh.

Dalam pemaparan pada kegiatan tersebut, disebutkan secara keseluruhan Provinsi Aceh belum memenuhi target vaksinasi dosis pertama sebesar 70%. Hanya Kota Banda Aceh telah melampaui target penyuntikan 70%, tapi kota/kabupaten lainnya tercatat memiliki cakupan vaksin di bawah 50%. Dengan ketersediaan vaksin yang memadai dan dukungan tokoh masyarakat, diharapkan target percepatan vaksinasi di Provinsi Aceh segera terpenuhi.

Mendagri menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah menargetkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama sebesar 70 persen hingga akhir Desember 2021. Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan peran Pemda agar mampu meningkatkan capaian vaksinasinya.

“Karena itulah kami berkunjung ke Aceh, tujuannya untuk itu (mempercepat vaksinasi),” ujarnya. Nantinya, lanjut Mendagri, pada awal Januari 2022 akan dilakukan evaluasi daerah mana saja yang berhasil memenuhi target vaksinasi.

Diketahui, Provinsi Aceh merupakan salah satu provinsi yang perlu meningkatkan capaian vaksinasinya agar sesuai target. Mendagri mengatakan, upaya percepatan itu tidak hanya mengandalkan Pemerintah Provinsi, tapi juga perlu peran dari kabupaten/kota dan seluruh pihak terkait.

Selain mendorong capaian vaksinasi, kunjungan Mendagri ke Provinsi Aceh untuk mengidentifikasi berbagai masalah dan kendala yang dihadapi, sekaligus menemukan solusi penanganannya. Dengan upaya itu, diharapkan laju vaksinasi di daerah tersebut kian meningkat dan berhasil mencapai target.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Banda Aceh mengungkapkan bahwa keberhasilan Banda Aceh dalam merealisasikan vaksinasi di atas target pemerintah pusat karena upaya seluruh jajaran Eksekutif dan Legislatif, juga TNI dan Polri, tokoh-tokoh adat bahkan ulama pun sangat masif dalam mengimbau masyarakat.

“Ini keberhasilan kolegial. Berkat semuanya, dan kepatuhan serta kesadaran masyarakat tentunya maka kita dapat melangsungkan vaksinasi masal dengan baik dan lancar,” ungkap Aminullah, usai acara.

Sebagai informasi, Banda Aceh telah merealisasikan vaksin 91,50 persen pada dosis pertama, dan 60 persen dosis kedua. Sedangkan bagi lansia, lanjutnya, sebanyak 43,27 persen telah divaksin.