PKK Kota Gelar Pelatihan Sistem Informasi Manajemen

Laporan ,

Banda Aceh – Guna melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas yang paham akan teknologi digitalisasi, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Banda Aceh mengelar Pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK/E-PKK bagi TP PKK Kecamatan dan Gampong se Kota Banda Aceh Tahun 2021.

Acara berlangsung di Gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh Rabu (24/11/2021).

Turut Ketua TP PKK Kota Banda Aceh Nurmiati AR, Wakil Ketua TP PKK Kota Banda Aceh Fauziah, Kadis Kominfo Kota Banda Aceh Fadhil, dan sejumlah narasumber lainnya.

Ketua TP PKK Kota Banda Aceh Nurmiati dalam sambutannya mengatakan system pencatatan berbasis IT yang di sebut dengan E-PKK, dimana dalam pembuatan Aplikasi E-PKK, TP PKK Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Diskominfotik dalam penggarapannya.

“Beberapa waktu yang lalu di bulan Oktober 2021, TP PKK Provinsi juga telah melahirkan gebrakan pencatatan berbasis IT yang sama, diberi nama dengan SIM PKK,” katanya.

Pada prinsipnya, kata Nurmiati, SIM PKK dan E-PKK itu tidak jauh berbeda. “Maka untuk kesempurnaan system pencatatan PKK, aplikasi pencatatan yang semula telah di rancang dengan nama E-PKK, hari ini akan kita singkronkan dengan TP PKK Provinsi yang kita kenal dengan SIM PKK,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kota menjelaskan, SIM PKK merupakan system pengelolaan yang berhubungan dengan kelembagaan PKK beserta dokumentasinya yang dilaksanakan di setiap jenjang di mulai dari tingkat Gampong, kecamatan, dan Kota.

“Adapun pengelolaan SIM ini meliputi pencatatan, pendataan, pelaporan dan pengarsipan, dimana dulunya administrasi ini dilakukan secara manual, kini dengan semakin bertambahnya kemajuan teknologi maka system informasi di PKK dikembangkan berbasis IT,” ujarnya.