Wali Kota Launching QRIS dan Wifi Corner di Pasar Al Mahirah

Laporan ,

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman me-launching (luncurkan) pemakaian aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Wifi Corner di Pasar Al Mahirah Lamdingin pada Senin, 13 Desember 2021.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Wali Kota Banda Aceh dengan pihak Aceh Link Media, dan pemotongan pita.

Turut hadir mendampingi wali kota, Sekdako Amiruddin, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Wahyudi, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan M Nurdin, dan jajaran SKPK lainnya. Hadir pula Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Usman SE, Kepala Bank Indonesia (BI) Aceh Achris Sarwani, Pimpinan Bank Aceh Syariah (BAS) diwakili Direktur Bisnis Bob Rinaldi, dan Pimpinan Aceh Link Media Ikhsan.

Dalam sambutannya, Aminullah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kemajuan Smart City Banda Aceh.

“Apresiasi dan terima kasih kepada BI, kemudian Bank Aceh Syariah, dan juga Aceh Link Media yang telah mendukung Pemko dalam mewujudkan digitalisasi sistem di Banda Aceh,” ujarnya.

Menurutnya, adanya QRIS dan pojok Wifi sangat membantu guna memudahkan aktivitas digital penjual dan pembeli di Pasar Al Mahirah.

“QRIS bisa kita lihat sisi keamanannya cukup baik, jadi kita tak usah repot membawa uang tunai lagi kalau ke pasar. Ini juga untuk terciptanya penghematan bagi masyarakat, tidak perlu bolak balik ke Bank dan banyak manfaat lainnya,” ungkapnya.

Aminullah mengatakan akan memanfaatkan semaksimal mungkin akses digital bagi pemerintah dan masyarakat.

“Saya selalu menyampaikan kepada jajaran agar terus membangun sinergi dengan semua pihak. Bangun teknologi dalam berbagai hal, masing-masing dinas untuk menghasilkan produk yang berguna bagi masyarakat. Ini juga sebagai pendukung percepatan untuk menerapkan Smart City di Banda Aceh,” katanya.

Sementara itu, Kepala BI Aceh, Achris Sarwani, mengapresasikan dan mendukungan Pemko Banda Aceh dalam mendorong transaksi non tunai tersebut secara umumnya.

“BI sebagai inisiator dari QRIS, yang untuk mempermudah transaksi pedagang dan pembeli di pasar Al Mahirah ini sangat mengapresiasi Pemko, dan juga Bank Aceh. Kami sangat mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

Senada dengan Achris Sarwani, Direktur Bisnis BAS, Bob Renaldi, menyebutkan tujuan dari QRIS tak lain untuk mempermudah, mempercepat, dan memurahkan transaksi dilakukan. “Kami selaku Bank pelaksana sangat mendukung kegiatan Pemko Banda Aceh.”

Pimpinan Aceh Link Media, Ikhsan, menyebutkan dirinya selaku pengusaha lokal Banda Aceh, sangat mendukung kebijakan Smart City oleh pemerintah kota. Pihaknya telah membangun infrastruktur khusus untuk pasar Al Mahirah, yakni Wifi Corner sebanyak 6 titik, dengan  kecepatan internet 50 Mbps, dan tak ada batasan pemakaian.

“Diharapkan dengan adanya akses internet ini dapat mempermudah semua transaksi seperti penggunaan QRIS dan sebagainya. Mungkin ke depan manfaatnya bagi pasar online,” katanya.